Pengertian
E-commerce atau bisa disebut Perdagangan elektronik atau e-dagang adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.
Industri teknologi informasi melihat kegiatan e-dagang ini sebagai aplikasi dan penerapan dari e-bisnis (e-business) yang berkaitan dengan transaksi komersial, seperti: transfer dana secara elektronik, SCM (supply chain management), e-pemasaran (e-marketing), atau pemasaran online (online marketing), pemrosesan transaksi online (online transaction processing), pertukaran data elektronik (electronic data interchange /EDI), dll.
E-dagang atau e-commerce merupakan bagian dari e-business, di mana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dll. Selain teknologi jaringan www, e-dagang juga memerlukan teknologi basisdata atau pangkalan data (databases), e-surat atau surat elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk e-dagang ini.
E-commerce pertama kali diperkenalkan pada tahun 1994 pada saat pertama kali banner-elektronik dipakai untuk tujuan promosi dan periklanan di suatu halaman-web (website). Menurut Riset Forrester, perdagangan elektronik menghasilkan penjualan seharga AS$12,2 milyar pada 2003. Menurut laporan yang lain pada bulan oktober 2006 yang lalu, pendapatan ritel online yang bersifat non-travel di Amerika Serikat diramalkan akan mencapai seperempat trilyun dolar US pada tahun 2011.
Dalam banyak kasus, sebuah perusahaan e-commerce bisa bertahan tidak hanya mengandalkan kekuatan produk saja, tapi dengan adanya tim manajemen yang handal, pengiriman yang tepat waktu, pelayanan yang bagus, struktur organisasi bisnis yang baik, jaringan infrastruktur dan keamanan, desain situs web yang bagus, beberapa faktor yang termasuk:
1. Menyediakan harga kompetitif
2. Menyediakan jasa pembelian yang tanggap, cepat, dan ramah.
3. Menyediakan informasi barang dan jasa yang lengkap dan jelas.
4. Menyediakan banyak bonus seperti kupon, penawaran istimewa, dan diskon.
5. Memberikan perhatian khusus seperti usulan pembelian.
6. Menyediakan rasa komunitas untuk berdiskusi, masukan dari pelanggan, dan lain-lain.
7. Mempermudah kegiatan perdagangan
Beberapa aplikasi umum yang berhubungan dengan e-commerce adalah:
* E-mail dan Messaging
* Content Management Systems
* Dokumen, spreadsheet, database
* Akunting dan sistem keuangan
* Informasi pengiriman dan pemesanan
* Pelaporan informasi dari klien dan enterprise
* Sistem pembayaran domestik dan internasional
* Newsgroup
* On-line Shopping
* Conferencing
* Online Banking
Perusahaan yang terkenal dalam bidang ini antara lain: eBay, Yahoo, Amazon.com, Google, dan Paypal. Untuk di Indonesia, bisa dilihat tradeworld.com, bhineka.com, fastncheap.com, dll.
Definisi E-Commerce menurut Laudon & Laudon (1998), E-Commerce adalah suatu proses membeli dan menjual produk-produk secara elektronik oleh konsumen dan dari perusahaan ke perusahaan dengan computer sebagai perantara transaksi bisnis.
E-Commerce atau yang biasa disebut juga dengan istilah Ecom atau Emmerce atau EC merupakan pertukaran bisnis yang rutin dengan menggunakan transmisi Electronic Data Interchange (EDI), email, electronic bulletin boards, mesin faksimili, dan Electronic Funds Transfer yang berkenaan dengan transaksi-transaksi belanja di Internet shopping, Stock online dan surat obligasi, download dan penjualan software, dokumen, grafik, musik, dan lain-lainnya, serta transaksi Business to Business (B2B). (Wahana Komputer Semarang 2002).
Sedangkan definisi E-Commerce menurut David Baum (1999, pp. 36-34) yaitu: E-Commerce is a dynamic set of technologies, applications, and bussines process that link enterprises, consumers, and communities through electronics transactions and the electronic exchange of goods,services,andinformations. Diterjemahkan oleh Onno. W. Purbo: E-Commerce merupakan satu set dinamis teknologi, aplikasi, dan proses bisnis yang menghubungkan perusahaan, konsumen, dan komunitas tertentu melalui transaksi elektronik dan perdagangan barang, pelavanan, dan informasi yang dilakukan secara elektronik.
Definisi dari E-Commerce menurut Kalakota dan Whinston (1997) dapat ditinjau dalam 3 perspektifberikut:
1. Dari perspektif komunikasi, E-Commerce adalah pengiriman barang, layanan, informasi, atau pembayaran melalui jaringan komputer atau melalui peralatan elektronik lainnya.
2. Dari perspektif proses bisnis, E-Commerce adalah aplikasi dari teknologi yang
menuju otomatisasi dari transaksi bisnis dan aliran kerja.
3. Dari perspektif layanan, E-Commerce merupakan suatu alat yang memenuhi keinginan perusahaan, konsumen, dan manajemen untuk memangkas biaya layanan (service cost) ketika meningkatkan kualitas barang dan meningkatkan kecepatan layanan pengiriman.
4. Dari perspektif online, E-Commerce menyediakan kemampuan untuk membeli dan menjual barang ataupun informasi melalui internet dan sarana online lainnya.
Komponen
Electronic commerce, lebih dikenal dengan nama e-commerce atau eCommerce, terdiri dari pembelian dan penjualan barang atau jasa melalui sistem elektronik seperti Internet dan jaringan komputer lainnya. Jumlah perdagangan yang terjadi secara elektronik telah berkembang sangat pesat seiring dengan semakin umumnya penggunaan Internet. Penggunaan metode ini dilakukan dengan cara sebagai berikut, mengenalkan daya tarik tentang inovasi transfer uang secara elektronik, managemen rantai persediaan, Internet marketing, proses transaksi online, pertukaran data elektronik, sistem managemen gudang, dan sistem pengumpulan data otomatis. Perdagangan elektronik modern menggunakan World Wide Web untuk bertransaksi, walaupun penggunaan e-mail tidak jarang juga digunakan.
Sebagian besar eCommerce dilakukan sepenuhnya secara elektronik dengan barang virtual seperti akses konten premium pada sebuah website, tapi kebanyakan eCommerce masih meliputi transportasi barang fisik. Hampir semua pengecer besar memiliki eCommerce dalam bentuk World Wide Web.
eCommerce yang dilakukan di antara satu bisnis dengan bisnis lainnya, disebut sebagai business-to-business atau B2B. Sedangkan eCommerce yang dilakukan di antara bisnis dengan konsumen, disebut sebagai business-to-consumer atau B2C.
Dengan semakin berkembangnya teknologi Web dan banyaknya perusahaan Portal atau perusahaan e-commerce yang secara tiba-tiba meledak bernilai jutaaan dolar, hal ini banyak mendorong munculnya evoria untuk turut membuka bisnis e-commerce. Namun demikian banyak yang melupakan beberapa Basis dan Prinsip dasar dari e-commerce itu sendiri. Sehingga banyak yang mengalami kegagalan.
Lalu munculnya pertanyaan besar, gimana caranya mulai berbisnis e-commerce ..?
Nah disini saya mencoba sharing bagaimana memulai sebuah bisnis e-commerce itu, yaitu :
1. Pahami dengan betul 3 Basis e-commerce (slide 20) yaitu ; community, platform sertacontent
2. Pahami prisip bisnis portal yaitu ; Exposure, Discovery, Community baru terwujud Commerce a.k.a Revenue
3. Pastikan dan tetapkan obejctive anda, apakah akan membuat Toko Elektronik ataukah membuat sebuah Mall Elektronik a.k.a Market Place
4. Tentukan Model Bisnis anda berdasarkan “Nature” dari komunitas yang akan anda bangun atau sudah dimiliki.
5. Jika sudah memiliki komunitas dari sebuah aplikasi lain, misalnya e-procurement lakukan langkah-langkah berikut ini untuk lebih menemu kenali komunitas anda , yaitu : data cleaning&updating, profiling, Cataloging, set value chain path dan interconect them base on their value chain path.
6. Bangunlah e-commerce anda dengan berbasiskan Web2.0 teknologi dan pilihlah teknologi secara bertahap sesuai dengan Objective, model business, dan komunitas dari e-commerce anda.
7. Lakukan pengembangan secara bertahap,konsisten dan trustworthy.
Kemampuan
Dasar dari setiap toko online adalah e-commerce perangkat lunak Perangkat lunak ini bentuk setiap menit pengalaman pengunjung Anda ‘, dari browsing ke checkout.. Untuk alasan ini, sangat penting untuk memilih perangkat lunak e-commerce terbaik untuk bisnis Anda.
Ada banyak program perangkat lunak e-commerce untuk memilih dari, yang baik dan buruk untuk Anda: baik karena lebih banyak pilihan membuatnya lebih besar kemungkinan Anda akan menemukan apa yang Anda cari, dan buruk karena sebenarnya ada terlalu banyak untuk Anda untuk membandingkan mereka semua. Untungnya, Anda tidak perlu membandingkan semua perangkat lunak yang tersedia dalam rangka untuk memastikan bisnis Anda mendapatkan situs web berkualitas tinggi – Anda hanya perlu tahu fitur apa yang paling penting untuk mencari.
Berikut adalah beberapa fitur penting yang harus dicari dalam e-commerce software.
Item Mudah dan Setup Kategori
berkisar software E-commerce dari keranjang belanja sederhana atau jenis pembayaran, untuk perangkat lunak yang praktis dapat membangun seluruh situs Web Anda untuk Anda. Fitur-fitur seperti dirumuskan listings, mengubah ukuran gambar, dan kemampuan untuk menyalin ke dalam beberapa kategori listing membuatnya mudah untuk mendirikan toko online.
Fitur lain yang bagus bahwa beberapa e-commerce menawarkan perangkat lunak adalah kemampuan untuk mengimpor daftar dari toko yang ada ke program baru. Sebagai contoh, Network Solutions menawarkan software toko online yang memungkinkan pengguna untuk memilih bagaimana mereka memilih untuk meng-upload daftar toko mereka – dari toko yang ada, atau dari sebuah spreadsheet Excel, misalnya.
Kemampuan Customize
Bahkan pikir Anda ingin kemampuan untuk dengan mudah meng-upload isi toko Anda, apa yang tidak Anda inginkan adalah untuk toko Anda agar terlihat seperti orang lain yang Baik e.-Commerce perangkat lunak harus memberi Anda kemampuan untuk menyesuaikan situs Web Anda sehingga tampak unik Anda.
paket perangkat lunak yang berbeda dapat menawarkan ini dalam berbagai cara Misalnya, Network Solutions menawarkan software toko online dengan template yang berbeda untuk memilih dari, yang memungkinkan Anda untuk men-tweak cara situs web Anda terlihat.. Namun, bahkan lebih baik adalah pilihan perangkat lunak e-commerce yang menawarkan kustomisasi penuh sebagai salah satu fitur mereka. Sebagai contoh, AspDotNetStorefront.com memungkinkan Anda untuk desain sepenuhnya disesuaikan “kulit” untuk toko online Anda.
Account Pelanggan
Salah satu fitur yang paling populer dari toko online saat ini adalah kemampuan pelanggan untuk mengatur account mereka sendiri. Pada banyak situs web, account ini dapat diatur untuk mengingat informasi pembayaran dan penagihan, ingat preferensi, dan bahkan memungkinkan pelanggan untuk memilih atau keluar dari milis promosi.
perangkat lunak e-commerce yang baik harus menyediakan Anda dengan berbagai pilihan untuk mengatur account pelanggan Anda. Sebagai contoh, Anda dapat memilih untuk menyimpan informasi kartu kredit untuk memudahkan pelanggan kembali untuk memeriksa – atau Anda mungkin memilih untuk tidak menyimpan informasi pembayaran sensitif, untuk melindungi pelanggan Anda dalam kasus situs Web Anda mendapatkan hacked. Dengan software toko online seperti aspdotnetstorefront.com, Anda memiliki kemampuan untuk memilih pengaturan seperti ini untuk account pelanggan Anda.
Hal lain yang harus Anda pertimbangkan ketika melihat “My Account” kemampuan adalah kemampuan untuk personalisasi rekening nasabah. Misalnya, ketika seorang pelanggan log ke Amazon.com, halaman depan situs web untuk menampilkan saran mereka berdasarkan pembelian masa lalu mereka dan item baru dilihat. Demikian pula, pelanggan yang bergabung dengan mailing list sering menerima email berdasarkan preferensi belanja mereka. personalisasi jenis ini cenderung sangat sukses untuk mendorong pelanggan tetap, sehingga software toko online yang menawarkan pilihan ini secara harfiah nilainya berat emas.
Pengiriman Kalkulator
perangkat lunak e-commerce yang baik memiliki kemampuan tidak hanya menghitung total ketertiban dan pajak, tetapi juga pengiriman dan penanganan yang benar pada urutan Idealnya, Anda harus dapat memilih dari beberapa cara yang berbeda untuk menentukan pengiriman.. Misalnya, beberapa online toko lebih memilih untuk pengiriman harga sesuai dengan jumlah pesanan, sedangkan penjual lainnya mengenakan tarif pengiriman aktual berdasarkan berat barang yang dibeli. Selain itu, Anda mungkin ingin dapat menawarkan pelanggan kemampuan untuk memilih antara beberapa pilihan pengiriman yang berbeda, seperti USPS Parcel Post, USPS Prioritas, dan UPS Ground.
Fitur lain yang penting dari beberapa perangkat lunak e-commerce adalah kemampuan untuk antarmuka dengan USPS, UPS, dan FedEx Satu keuntungan adalah bahwa pelanggan Anda akan selalu otomatis dikenakan tarif pengiriman yang benar.. Fitur ini juga dapat menghemat waktu dan usaha: Misalnya , EarlyImpact.com ‘s ProductCart bahkan cetak label pengiriman untuk penjual otomatis.
PayPal Kompatibilitas
Sangat penting untuk setiap toko online yang sukses hari ini memiliki cara untuk menerima kartu kredit sendiri, tapi karena alternatif pilihan pembayaran seperti PayPal dan Google Checkout tumbuh di popularitas, juga penting untuk menawarkan pilihan-pilihan kepada pelanggan Anda.
Kedua PayPal dan Google Checkout dapat memandu Anda melalui manual pengaturan opsi-opsi ini di situs Web, namun proses ini memakan waktu yang terbaik, jika tidak membingungkan serta Bagus e.-Commerce perangkat lunak harus memungkinkan Anda untuk mengintegrasikan ini pilihan pembayaran cepat dan mudah. Sebagai contoh, asp s AspDotNetStorefront.com ‘e-commerce software mendukung lebih dari selusin gerbang pembayaran yang berbeda.
Perangkat Lunak E-Commerce Terbaik
Tidak setiap program toko online perangkat lunak yang dibuat setara – tetapi dalam hal ini, juga tidak setiap toko online Intinya adalah bahwa sama seperti toko online yang berbeda satu sama lain, begitu juga kebutuhan pemiliknya.. Tidak ada rekomendasi salah satu perangkat lunak e-commerce harus menjadi pilihan terbaik bagi Anda. The bertaruh terbaik untuk setiap pemilik toko online adalah untuk meninjau pilihan mereka dengan hati-hati untuk menemukan perangkat lunak e-commerce terbaik bagi kebutuhan bisnis mereka.
Manfaat
Teknologi SMS Gateway dan Mobile Web Application serta pengembangan aplikasi J2ME diterapkan untuk menjawab tantangan mobilitas masyarakat yang terus berkembang. Dengan ini membuka wawasan pebisnis toko bunga untuk mengoptimalkan teknologi yang ada dan familiar di masyarakat untuk mendukung pengembangan bisnisnya. Konsep multi touch point yang diberikan akan mengoptimalkan potensi pasar toko bunga karena informasi dan juga kemudahan dalam bertransaksi telah diberikan, sehingga akan dicapai keuntungan dan keunggulan bisnis yang lebih optimal pula. Penerapan ini juga sebagai salah satu usaha untuk berkontribusi dalam pengembangan tren e-commerce (electronic commerce) menjadi m-commerce (mobile commerce) di Indonesia, dimana tren m-commerce sudah cukup berkembang di luar negeri. Hasil yang dikeluarkan oleh penelitian tugas akhir ini adalah sebagai berikut: sebuah sistem SMS Gateway dengan menggunakan open source engine yaitu Gammu yang mendukung bisnis toko bunga, sebuah aplikasi J2ME untuk mengirim
pengiriman Image Capture dari perangkat mobile konsumen, sebuah aplikasi backend PHP dengan CodeIgniter Framework untuk identifikasi dan pengiriman respon balik ke konsumen dan sebuah mobile web sebagai katalog bunga online.
Tujuan Menggunakan E-Commerce dalam Dunia Bisnis
Tujuan suatu perusahaan menggunakan sistim E-Commerce adalah dengan menggunakan E-Commerce maka perusahaan dapat lebih efisien dan efektif dalam meningkatkan keuntungannya.
Manfaat Menggunakan E-Commerce dalam Dunia Bisnis
Manfaat dalam menggunakan E-Commerce dalam suatu perusahaan sebagai sistem transaksi adalah:
a. Dapat meningkatkan market exposure (pangsa pasar).
Transaksi on-line yang membuat semua orang di seluruh dunia dapat memesan dan membeli produk yang dijual hanya dengan melalui media computer dan tidak terbatas jarak dan waktu.
b. Menurunkan biaya operasional (operating cost).
Transaksi E-Commerce adalah transaksi yang sebagian besar operasionalnya diprogram di dalam komputer sehingga biaya-biaya seperti showroom, beban gaji yang berlebihan, dan lain-lain tidak perlu terjadi
c. Melebarkan jangkauan (global reach).
Transaksi on-line yang dapat diakses oleh semua orang di dunia tidak terbatas tempat dan waktu karena semua orang dapat mengaksesnya hanya dengan menggunakan media perantara komputer.
d. Meningkatkan customer loyalty.
Ini disebabkan karena sistem transaksi E-Commerce menyediakan informasi secara lengkap dan informasi tersebut dapat diakses setiap waktu selain itu dalam hal pembelian juga dapat dilakukan setiap waktu bahkan konsumen dapat memilih sendiri produk yang dia inginkan.
e. Meningkatkan supply management.
Transaksi E-Commerce menyebabkan pengefisienan biaya operasional pada perusahaan terutama pada jumlah karyawan dan jumlah stok barang yang tersedia sehingga untuk lebih menyempurnakan pengefisienan biaya tersebut maka sistem supply management yang baik harus ditingkatkan.
f Memperpendek waktu produksi.
Pada suatu perusahaan yang terdiri dari berbagai divisi atau sebuah distributor di mana dalam pemesanan bahan baku atau produk yang akan dijual apabila kehabisan barang dapat memesannya setiap waktu karena on-line serta akan lebih cepat dan teratur karena semuanya secara langsung terprogram dalam komputer.
Pernyataan-pernyataan Onno W. Purbo di atas juga didukung oleh permyataan Laura Mannisto (International Telecommunication Union, Asia and the Future of the World Economic System, 18 March 1999, London), yaitu:
a. Ketersediaan informasi yang lebih banyak dan mudah diakses Ketersediaan informasi produksi dan harga dapat diakses oleh pembeli, penjual, produsen dan distributor.
b. Globalisasi Produksi, distribusi dan layanan konsumen : jarak dan waktu relatif lebih pendek, sehingga perusahaan dapat berhubungan dengan rekan bisnis di lain negara dan melayani konsumen lebih cepat. Produsen dapat memilih tempat untuk memproduksi dan melayani konsumen tidak tergantung dimana konsumen itu berada. Perusahaan yang berada di negara berpendapatan rendah dapat mengakses informasi dan membuat kontak bisnis tanpa harus mengeluarkan biaya tinggi.
c. Mengurangi biaya transaksi dengan adanya system order, pembayaran dan logistik secara online dan otomatis.
Jenis-jenis E-Commerce
Kegiatan E-Commerce mencakup banyak hal, untuk membedakannya E-Commerce dibedakan menjadi 2 berdasarkan karakteristiknya:
1. Business to Business, karakteristiknya:
• Trading partners yang sudah saling mengetahui dan antara mereka sudah terjalin hubungan yang berlangsung cukup lama.
• Pertukaran data dilakukan secara berulang-ulang dan berkala dengan format data yang telah disepakati bersama.
• Salah satu pelaku tidak harus menunggu rekan mereka lainnya untuk mengirimkan data.
• Model yang umum digunakan adalah peer to peer, di mana processing intelligence dapat didistribusikan di kedua pelaku bisnis.
2. Business to Consumer, karakteristiknya:
• Terbuka untuk umum, di mana informasi disebarkan secra umum pula.
• Servis yang digunakan juga bersifat umum, sehingga dapat digunakan oleh orang banyak.
• Servis yang digunakan berdasarkan permintaan.
• Sering dilakukan sistim pendekatan client-server. (Onno W. Purbo & Aang Arif. W; Mengenal E-Commerce, hal 4-5)
Permasalahan dan hambatan
Berikut ini adalah permasalahan yang diangkat dalam tugas ini:
1. Bagaimana merancang Mobile Web yang ideal untuk dapat diakses secara mudah.
2. Bagaimana membangun sistem SMS Gateway yang beradaptasi dengan sistem aplikasi OSCOmmerce dalam mendukung proses transaksi pebisnis bunga dan proses penyampaian informasi kepada konsumen.
3. Bagaimana mengarahkan pesan bergambar berupa Image Capture dari perangkat mobile ke server untuk dibaca oleh aplikasi backend dan kemudian diteruskan menjadi sebuah respon ke konsumen.
Ancaman Menggunakan E-Commerce (Threats)
Threats merupakan kemungkinan-kemungkinan munculnya kejadian yang dapat membahayakan asset-aset yang berharga.
Ada beberapa bentuk ancaman yang mungkin terjadi:
• System Penetration
Orang-orang yang tidak berhak melakukan akses ke system computer dapat dan diperbolehkan melakukan segala sesuatu sesuai dengan keinginannya.
• Authorization Violation
Pelanggaran atau penyalahgunaan wewenang legal yang dimiliki seseorang yang berhak mengakses sebuah sistim.
• Planting
Memasukan sesuatu ke dalam sebuah system yang dianggap legal tetapi belum tentu legal di masa yang akan datang.
• Communications Monitoring
Seseorang dapat mernantau semua infonnasi rahasia dengan melakukan monitoring komunikasi sederhana di sebuah tempat pada jaringan komunikasi.
• Communications Tampering
Segala hal yang membahayakan kerahasiaan informasi seseorang tanpa melakukan penetrasi, seperti mengubah infonnasi transaksi di tengah jalan atau membuat sistim server palsu yang dapat menipu banyak orang untuk memberikan infonnasi rahasia mereka secara sukarela.
• Denial of service
Menghalangi seseorang dalam mengakses informasi, sumber, dan fasilitas-fasilitas lainnya.
• Repudiation
Penolakan terhadap sebuah aktivitas transaksi atau sebuah komunikasi baik secara sengaja maupun tidak disengaja.
EDI (Electronic Data Interchange)
Electronic Data Interchange (EDI) didefinisikan sebagai pertukaran data komputer antar berbagai bidang organisasi atas suatu informasi terstruktur dalam format yang standar dan bisa diolah oleh komputer. EDI merupakan bentuk e-commerce sesuai definisinya, dan telah ada bentuk yang sama selama lebih dari 20 tahun. Saat ini teknologi dan implementasi EDI sudah sangat berkembang. Tujuan EDI adalah untuk memfasilitasi perdagangan dengan cara mengikat bisnis antar partner dagang, EDI meningkatkan proses manual untuk mempertukarkan informasi dengan bidang bisnis lainnya dalam berbagai cara, misalnya data hanya perlu untuk dimasukkan satu kali saja, kemudian data tersebut bisa digunakan oleh pihak pengirim barang, manager kantor, dan lain-lainnya. Hal ini akan menurangi tenaga entry data. Pada dasarnya, data bisa dikirimkan dengan lebih efisien dengan menggunakan EDI.
Komponen utama dari EDI standar adalah sebagai berikut :
a) DATA ELEMENT : merupakan potongan data seperti tanggal, harga atau nama organisasi,.
Setiap data element diidentifikasikan dengan nomor referensi tertentu yang berisi judul,
keterangan, jenis, nomor, dan panjang minimum/maximum.
b) DATA SEGMENT: dalam suatu baris data disebut dengan segment dan setiap item di dalam
segmen mewakili satu elemen. Misalnya segmen baris pesanan pembelian terdiri atas nomor
barang, keterangan, jumlah, unit pengukuran, dan harga barang. Setiap segmen memiliki satu
identifier, satu data elemet delimiter, element diagrams, data segmen terminator dan notes.
c) TRANSACTION SET: suatu transation set merupakan dokumen khusus seperti dokumen
pesanan pembelian. Di dalam transaction set, ada 3 area utama: area header, area detail dan
area summary.
d) FUNCTIONAL GROUP: merupakan sekelompok transaction set yang sejenis. Transation set di
dalam functional group dikelompokkan berdasarkan functional identifier yang sama.
Untuk mengirimkan transaksi EDI pada konsumen, diperlukan 4 fungsi dasar: Mapping elemen dalam suatu database, Extraction atas data yang belum diidentifikasi dari database, Transalation atas data yang sudah diekstrak ke format EDI, dan Transmisi pesan dalam format EDI melalui media komunikasi. Berikut ini adalah penjelasan singkat dari masing-masing fungsi tersebut:
MAPPING: Merupakan proses identifikasi elemen di dalam database yang diperlukan untuk membuat
pesan dalam format EDI. Mapping adalah pekerjaan yang hanya satu kali dilakukan pada saat diperlukan transaksi EDI baru. Software EDI tidak bisa melaksanakan pekerjaan ini.
EXTRACTION: Merupakan proses pengumpulan data yang belum diidentifikasi dan menempatkannya ke dalam format tertentu. Secara umum, data extract dari database dan dijadikan
dalam bentuk flat file. Struktur dari flat file biasanya ditentukan oleh pembuat translation software.
TRANSLATION: Untuk mengirimkan pesan keluar, ketika data yang diperlukan masih dalam bentuk
flat file, pembentukan pesan EDI bisa dilakukan menggunakan software translasi atau formatting.
Software translasi akan mengatur data menjadi struktur tertentu yang sesuai dengan kebutuhan
transaksi EDI.
COMMUNICATION: pengiriman/transmisi atas pesan EDI dikendalikan oleh software komunikasi,
yang akan mengatur dan memelihara: nomor telepon partner dagang, menjalankan automatic dialing
dan up/downloading, juga membuat activity log. Setiap pesan EDI dibungkus dengan amplop khusus
yang bertuliskan alamat tujuan, serta jenis transaksi EDI sebagai header dan error checking codes
sebagai tambahan di bawahnya. Untuk keperluan penerimaan pesan EDI, proses tersebut tinggaldibalik.
(Design web penjualan dunia-sport.com)
(shop category)
Berisi produk-produk yang ditawarkan, seperti: sepatu futsal,sepatu bola, tas olahraga,sandal,dll. Dan juga menawarkan barang-barang kualitas original maupun KW.
(konfirmasi)
Berisi alamat YM dan contact yang bias dihubungi.
(rekening)
Berisi rekening bank mana saja beserta no.rekeningnya. ada 3 bank, yaitu mandiri,BCA,BNI.
(popular produk)
Berisi gambar produk yang paling sering dibeli.
(sale items)
Berisi gambar dan produk yang lagi sale.
(kotak besar ditengah)
Berisi apabila kita memilih menu-menu, contohnya: apabila memilih menu shop category maka akan muncul dikotak tengah tersebut. Ada gambar, nama produk, harga yang ditawarkan, ukuran sepatu yang dijual. Dan ada pilihan buy/more.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar